Mar 14, 2012

Helm Kini Bisa Mengikuti Gerak Kepala Ketika Terbentur (Muhammad Ikhsan - detikOto)

Stockholm - Nyawa pengendara motor saat ini semakin terancam. Terlebih banyaknya pengendara motor yang tidak mengindahkan peraturan lalu lintas sehingga berkendara seenaknya di jalanan.

Melihat tersebut, Royal Institute of Technology (KTH) dan Karolinksa Institute di Swedia terpaksa mengembangkan helm terbaru dengan teknologi yang diklaim melindungi bagian kepala lebih ketimbang helm biasa.

Teknologi tersebut dijuluki Multiderectional Impact Protection System (MIPS). Seperti dilansir situs resmi MIPS, para peneliti menyebutnya generasi terbaru helm di masa mendatang.

Kinerja helm tersebut cukup sederhana. Pada helm MIPS tersedia 3 lapisan. Luar, tengah dan dalam. 3 lapisan tersebut diakui sangat mengurangi dampak benturan.

Pasalnya helm MIPS bergerak mengikuti arah kepala baik ke depan ke belakang atau pun ke samping. Salah satu contoh ketika helm mengalami benturan dengan aspal, maka lapisan ketiga bergerak.

Dengan begitu mengurangi daya benturan kepala. Teknologi tersebut telah dikembangkan s dan memberikan perlindungan secara aman terhadap dampak depan, belakang bahkan miring sekalipun.

Helm tersebut juga diklaim menyerap banyak energi ketika kepala mengalami benturan. Karena helm berfungsi seperti cairan di kepala kita yang melindungi otak dari benturan.


No comments:

Post a Comment